Sabtu, 11 Juli 2015

Sejarah Mercusuar Peninggalan Belanda di Pulau Lengkuas

Primadona pariwisata di Belitung ini yaitu dikenal dengan Pulau Lengkuas. Pulau kecil seluas tidak lebih dari 1 hektar ini salah satu dari ratusan pulau kecil lainnya yang mengelilingi Pulau Belitung. Di pulau yang sekelilingnya dihiasi dengan batu - batu granit ini terdepat mercusuar yang berdiri kokoh. Tentu saja ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan, dan oleh sebab itu pula pulau ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Dulu bangunan ini di bangun oleh bangsa kolonial Belanda pada tahun 1882 saat penjajahan, dengan bertujuan untuk memandu kapal yang melintasi perairan Belitung. Mercusuar ini mempunyai tinggi sekitar 60 meter yang terdiri dari 17 lantai dengan sejumlah anak tangga yang terdiri dari 11-19 di setiap lantainya, dan membutuhkan aktu sekitar 30 menit apabila kita ingin mencapai puncak mercusuar. Di salah satu sisi luar mercusuar Anda akan melihat tulisan Belanda yang jika diterjemahkan dalam B.Indonesia artinya kurang lebih ini "Di bawah pemerintahan Tuan Willem lll, Raja Belanda.

Mercusuar ini memiliki umur ratusan tahun, bangunan ini terakhir di renovasi pada tahun 1996. Kini bangunan ini hanya dirawat seadanya oleh petugas karena tidak adanya biaya perawatan dari pemerintah yang terhenti sejak runtuhnya rezim orde baru pada tahun 1998. Namun meskipun demikian, mercusuar ini masih beroperasi hingga saat ini. Pada bagian paling atas mercusuar terdapat lampu suar yang beroperasi mulai dari pukul 5 sore sampai 6 pagi. Sumber daya lampu suar ini menggunakan sumber daya sekunder dan beberapa solar panel.Konstruksi bangunan ini terdiri dari 71 blok silinder luar yang tersusun hingga lantai 18 dan 32 blok silinder inti yang hanya dibangun sampai lantai 15. Di setiap lantainya, terdiri dari jendela yang posisi pandang setiap lantainya berbeda. Saat berada di puncak mercusuar Anda akan menyaksikan terhamparnya pulau Lengkuas yang indah.

Menarik bukan? lebih menarik lagi Anda berkunjung ke mercusuar L. I. Enthoven ini. Kami menyediakan Paket Wisata Pulau Belitung Murah untuk Anda. Selain ke Mercusuar bersejarah ini Anda juga akan kami ajak ke tempat - tempat wisata lainnya yang menjadi favorit para wisatawan.